teknik informatika

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika, Semakin Berkembang Seiring Digitalisasi

Pada era berkembangnya teknologi seperti sekarang, prospek kerja jurusan Teknik Informatika semakin luas. Tidak semua orang memiliki kemampuan yang memadai dalam teknologi. Bidang ini, memerlukan keterampilan khusus yang terus diasah.

Salah satu upaya untuk menjawab masifnya kebutuhan di bidang teknologi adalah mempelajari Teknik Informatika. Program ini diharapkan mampu melahirkan lulusan muda yang terampil dan dapat bekerja secara profesional.

Sekilas Tentang Teknik Informatika

Sebelum membahas tentang prospek kerja jurusan Teknik Informatika, akan lebih bijak untuk mengenal gambaran besar ilmu ini. Teknik Informatika adalah jurusan pendidikan yang mempelajari dan menerapkan prinsip komputer hingga analisa secara matematis.

Fokusnya adalah melakukan aktivitas merancang, menguji, sampai mengembangkan kinerja komputer, sistem operasi, serta perangkat lunak. Lebih lanjut, akan ada evaluasi untuk setiap program yang dihasilkan, sehingga dapat menjadi solusi untuk memenuhi sasaran yang ingin dicapai.

Secara sederhana, ilmu ini mempelajari seperti apa penggunaan teknologi yang optimal. Sehingga dapat menangani berbagai masalah transformasi hingga pengolahan data menggunakan proses logika. Prinsip yang digunakan berkaitan dengan pemrograman hingga komputasi.

Dengan menjadi mahasiswa Teknik Informatika, akan banyak aktivitas yang berkisar di dunia coding dan programming. Mahasiswa akan dilatih kemampuannya untuk merancang hingga mengembangkan algoritma komputasi. Untuk menunjang kemampuan tersebut, berikut beberapa materi yang akan dipelajari oleh mahasiswa:

  • Algoritma dan struktur data.
  • Statistika dan probabilitas.
  • Sistem operasi komputer.
  • Rekayasa software.
  • Strategi algoritma.
  • Pemrograman internet.
  • Pengembangan perangkat lunak.
  • Sistem jaringan.
  • Etika dan hukum cyber.
  • Kriptografi.
  • Basis data.
  • Data mining.
  • Intelegensia buatan.

Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi dan digitalisasi, Teknik Informatika termasuk jurusan dengan peningkatan peminat yang pesat. Bahkan, termasuk dalam lima besar yang paling banyak diincar dalam rumpun saintek. Tidak heran, sebab prospek kerjanya pun sangat menjanjikan di masa mendatang.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Sebelumnya telah dibahas sekilas mengenai Teknik Informatika, jurusan potensial dengan prospek luas. Banyak yang tertarik dengan dunia informatika, namun bingung apa saja prospek kerjanya? Semakin banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan dari Teknik Informatika, seperti berikut:

1. Web Developer

Web developer merupakan profesi yang banyak dicari oleh pebisnis untuk memperkenalkan usahanya secara komprehensif. Dengan bantuan pembuat website, masyarakat dapat mengakses berbagai informasi tentang sebuah usaha secara praktis. Banyak lulusan dari Teknik Informatika berfokus pada bidang ini.

Pengetahuan yang diperlukan seperti CSS, HTML, hingga Javascript. Pelaku bidang ini juga diharuskan menguasai server hingga programming framework misalnya Java, PHP, Ruby, dan sebagainya.

2. Data Scientist

Prospek kerja jurusan Teknik Informatika selanjutnya adalah data scientist. Cocok bagi yang senang melakukan riset dan menganalisanya untuk mengembangkan suatu khazanah ilmu. Tugas dari data scientist yaitu memproses data mentah, sehingga menjadi informasi berharga dengan bantuan machine learning serta algoritma.

Nantinya, data-data ini akan dipakai oleh pihak manajemen sesuai dengan keperluan strategi bisnis hingga mengevaluasi ulang produknya. Permintaan akan profesi ini cukup tinggi. Beberapa sektor industri misalnya pendidikan, teknologi informasi, ritel, hingga keuangan membutuhkannya.

3. Network Administrator

Memiliki minat dalam bidang pengoperasian jaringan? Prospek kerja jurusan Teknik Informatika terbuka lebar untuk menjadi seorang network administrator. Sesuai namanya, tugas profesi ini yaitu menjaga keamanan dari sistem jaringan agar terhindar dari risiko seperti peretasan atau kebocoran informasi.

4. Pemrogram Komputer

Lebih akrab disebut dengan programmer, pekerjaan ini sangat dekat hubungannya dengan kemajuan teknologi masa kini. Tanggung jawab seorang programmer yakni menuliskan berbagai kode dari program aplikasi atau software.

Programmer tentunya perlu memahami bahasa pemrograman dengan baik, sehingga dapat menggunakannya dengan efisien. Gaji dari programmer pun terbilang tinggi, meski yang masih level junior sekalipun. Apalagi bila jam terbangnya sudah tinggi.

5. Game Creator

Tidak hanya bermain game, namun juga bisa mempelajari bagaimana membuatnya. Prospek kerja jurusan Teknik Informatika inilah yang memungkinkan lulusan untuk mengembangkan game sendiri. Permainan digital termasuk bidang yang sedang berkembang pesat. Terutama sejak pandemi dimana banyak orang bermain game untuk mengusir kejenuhan.

Di bidang ini, pemula sekalipun bisa mendapatkan gaji yang lumayan. Terlebih jika sudah lebih berpengalaman dengan jam terbang tinggi. Bisa menjadi kreator game lepas yang menangani permintaan berbagai klien, hingga menghasilkan sampai puluhan juta sekali project.

6. SEO Specialist

Tertarik dan berpotensi dalam bidang pemasaran dan penulisan? Spesialis SEO dapat menjadi pekerjaan yang menjanjikan. SEO berusaha mengoptimalkan sebuah website sehingga muncul di daftar teratas mesin pencarian, contohnya Google. Dengan begitu, akan lebih banyak yang mengunjungi website tersebut.

Hal ini tentu berdampak terhadap perkembangan sebuah website, misalnya untuk mempromosikan produk hingga jasa. Website yang ramah search engine menjadi target banyak orang. Untuk itu spesialis SEO perlu memahami penggunaan tools misalnya Google Analytics, SEMRUSH, Search Console, dan lainnya.

7. Cyber Security Analyst

Ini merupakan prospek kerja jurusan Teknik Informatika yang cukup menantang sedang menjadi tren. Pasalnya, semakin banyak aplikasi maupun software keluaran baru ingin meningkatkan keamanan pada sistemnya.

Sebab, keamanan termasuk aspek yang dapat menjaga kepercayaan orang dan menjaring lebih banyak pengguna baru. Tugasnya yakni mengatasi permasalahan terkait keamanan dengan merancang sistem yang kebal gangguan seperti bug atau data breach yang tidak diinginkan.

8. iOS Developer

Sepak terjang produk Apple semakin mengesankan dari waktu ke waktu. Contohnya dengan pengembangan sistem andalannya yakni iOS yang mendunia. Prospek kerja jurusan Teknik Informatika terbuka lebar dalam bidang ini. Tugas iOS developer yakni membuat aplikasi yang kompatibel untuk perangkat iOS.

Seperti yang diketahui, sistem iOS berbeda dengan Android dan memiliki kompleksitas tersendiri. Sehingga, iOS developer perlu memahami bahasa pemrograman serta environment dari iOS, seperti objective-C dan swift.

9. Software Tester

Berikutnya ada pekerjaan yang masih belum diketahui banyak orang, namun memiliki peran yang signifikan dalam pengembangan perangkat lunak (software). Sesuai namanya, tester yakni seseorang yang bertugas untuk melakukan pengujian hingga evaluasi terkait kinerja sebuah software.

Developer software tentu tidak dapat meluncurkan programnya begitu saja. Perlu ada pemeriksaan menyeluruh sehingga dapat beroperasi dengan baik dan pengguna mendapatkan manfaatnya. Untuk itulah, seorang tester yang bertugas mengujinya, mulai dari functional, unit, UI, dan lainnya.

10. Website Administrator

Tidak cukup dengan memiliki website yang bagus, namun juga perlu dikelola oleh seseorang yang ahli sehingga situs tersebut menjadi efisien. Bagi lulusan yang menyukai pengelolaan website, pekerjaan sebagai administrator website dapat menjadi opsi tepat.

Tugasnya yakni membuka akses bagi pengguna, merancang landing page, membuat host web organisasi, mengelola server email, dan lain-lain. Di perusahaan besar, tugas web administrator lebih kompleks. Salah satunya membantu pengguna dalam memahami sistem dasar yang digunakan.

Demikian pembahasan mengenai prospek kerja jurusan teknik informatika. Sebenarnya masih sangat banyak pekerjaan yang dapat didalami oleh lulusan bidang ini. Sebab, khazanah teknologi informatika selalu berkembang dan tidak pernah redup kejayaannya. Era digitalisasi mempermudah segala hal dan memunculkan inovasi baru.