Aplikasi Interaktif Berbasis Animasi

Inilah 8 Contoh Aplikasi Interaktif Berbasis Animasi, Belajar Menjadi Asyik!

Dalam era digital ini, hampir semua media pasti berbasis digital. Karena itulah, diperlukan cara baru untuk meningkatkan pembelajaran supaya menarik bagi siswa. Salah satunya yakni dengan menerapkan metode pembelajaran yang interaktif berbasis animasi. Namun, adakah contoh aplikasi interaktif berbasis animasi tersebut?

Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk menunjang kegiatan belajar. Biasanya siswa lebih menyukai pembelajaran yang interaktif dan terkesan tidak membosankan. Selagi mengembangkan media pembelajaran yang baik, maka guru juga harus memiliki keterampilan yang baik.

Hal itu dilakukan, agar minat belajar siswa kembali meningkat, serta dikarenakan terjadinya penurunan minat belajar pada siswa selama mengikuti pembelajaran online. Ada beberapa contoh aplikasi yang akan dijelaskan, guna dapat membantu membuat materi belajar yang interaktif.

Apa Itu Aplikasi Interaktif Berbasis Animasi?

Pengertian interaktif adalah komunikasi aktif secara dua arah atau lebih dari komunikator ke komunikan. sedangkan animasi adalah gambar yang bergerak. Jadi, aplikasi interaktif berbasis animasi adalah perangkat digital yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara aktif melalui tampilan visual yang bergerak.

Dalam bidang Pendidikan, aplikasi interaktif berfungsi sebagai media untuk mempermudah proses kegiatan pembelajaran serta menambah keaktifan siswa dalam belajar. Tidak hanya pada Pendidikan, namun di beberapa bidang pekerjaan aplikasi seperti ini juga digunakan.

Biasanya orang-orang yang bekerja di bidang kreatif, akan sangat membutuhkan tools dan aplikasi interaktif seperti ini. Aplikasi interaktif ini dapat diakses secara online maupun offline serta berbayar dan tidak berbayar.

Contoh Aplikasi Interaktif Berbasis Animasi untuk Pembelajaran

Aplikasi interaktif sangat dibutuhkan pendidik sebagai media belajar yang interaktif guna meningkatkan minat belajar siswa. Selain itu, aplikasi interaktif juga berguna di pekerjaan tertentu seperti content creator untuk menambah variasi content yang dibuat. Berikut aplikasi interaktif yang dapat digunakan, diantaranya:

1. Aplikasi PowToon

Aplikasi Powtoon adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat video berbasis animasi. Powtoon memiliki banyak template lucu yang dapat digunakan dalam membuat konten. Pengguna tidak perlu repot-repot mencari ikon atau efek yang lucu, karena sudah tersedia di PowToon.

Hasil editing tersebut dapat dibagikan ke berbagai platform seperti Facebook, Youtube, dan lainnya. Selain itu, pengguna dapat menyimpannya dengan cara di export dalam beberapa format seperti PDF, PPT, dan MP4. Pengguna dapat mengaksesnya melalui web PowToon ataupun mendownload aplikasinya.

2. Aplikasi Quipper

Quipper adalah aplikasi belajar online yang memudahkan siswa untuk belajar tanpa perlu pergi ke tempat les. Di bidang Pendidikan, aplikasi ini menjadi salah satu yang terbaik. Anak-anak disuguhkan dengan video pembelajaran yang interaktif.

Hal itu sangat memudahkan para pelajar untuk memahami materi yang sekiranya masih bingung saat belajar di sekolah. Video pembelajaran yang ada di Quipper dibuat oleh tutor-tutor terbaik dan berpengalaman. Jika tertarik, pengguna bisa membeli paket untuk berlangganan Quipper.

3. Aplikasi Prezi

Prezi adalah sebuah aplikasi yang kegunaannya mirip seperti Powerpoint yaitu untuk mengelola dan membuat presentasi online. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa membantu membuat presentasi menjadi ciamik. Salah satu fitur kebanggaan Prezi adalah Zooming User Interface (ZUI).

Fitur tersebut, dapat digunakan untuk memperkecil serta memperbesar layar pada saat presentasi sehingga presentasi terlihat dinamis dan menarik. Pengguna juga dapat membuat presentasi dalam model linear atau berurutan.

Jika ingin menggunakan Prezi, pengguna dapat mendownloadnya atau mengunjungi web Prezi. Selain digunakan untuk membuat presentasi, Prezi juga dapat digunakan untuk membuat video interaktif, dan desain.

4. Aplikasi Canva

Canva sudah tidak asing lagi bagi para pembuat desain. Aplikasi Canva merupakan aplikasi editing yang banyak dipakai di Indonesia. Canva dapat membuat berbagai macam desain, seperti desain CV, pamflet, edit foto, thumbnail Youtube, bahkan membuat presentasi.

Canva tidak hanya sebagai aplikasi interaktif, tetapi juga merupakan aplikasi pembuat media interaktif itu sendiri. Aplikasi Canva juga menyediakan beragam template untuk membuat konten dan desain, sesuai dengan keinginan pengguna.

5. Aplikasi Lectora

Contoh aplikasi interaktif berbasis animasi selanjutnya yaitu Lectora. Tidak seperti Canva yang dikenal banyak orang, aplikasi Lectora ini mungkin masih belum terlalu familiar di telinga bagi orang awam. Lectora merupakan sebuah software yang berfungsi sebagai alat untuk pengembangan e-learning.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat pelajaran e-learning berupa video, kuis, presentasi, bahkan bisa membuat game. Pengguna juga dapat menambahkan latihan soal, lembar tes, dan lainnya untuk kebutuhan pembelajaran. Dengan aplikasi ini, dapat membuat anak-anak senang dan semangat untuk belajar.

6. Aplikasi Sigil

Sama seperti Lectora, aplikasi Sigil masih belum familiar bagi orang awam. Aplikasi ini digunakan untuk mengelola ebook. Ada beragam fitur yang disediakan di aplikasi ini salah satunya adalah dapat menambahkan ebook yang lain dari berbagai sumber.

Pengguna bisa menambahkan bahan ajar, Latihan soal, kuis, video, audio, dan lainnya agar konten di Sigil menarik dan lebih interaktif. Agar anak-anak semakin termotivasi untuk membaca, maka pengguna bisa mengembangkan ebook atau menambahkan konten yang menarik.

7. Aplikasi PowerPoint

Seperti yang diketahui, banyak orang yang sudah menggunakan PowerPoint sebagai media interaktif. Biasanya PowerPoint digunakan untuk membuat presentasi. Pengguna bisa berkreasi dengan menambahkan animasi, teks, ataupun audio saat membuat materi presentasi.

8. Aplikasi Sparkol VideoScribe

Contoh aplikasi interaktif berbasis animasi yang terakhir adalah Sparkol VideoScribe. Aplikasi ini berfungsi sebagai media belajar yang interaktif, karena memiliki kombinasi yang menarik antara template dan animasi.

Aplikasi ini digunakan untuk presentasi berupa animasi tulisan di latar seperti papan tulis.  Sparkol, dapat diakses secara online maupun offline yang ada di website sparkol itu sendiri. Di Sparkol juga tersedia bermacam-macam template, animasi, serta efek yang menarik untuk digunakan.

Manfaat Aplikasi Interaktif di Bidang Pendidikan

Seperti yang sudah disinggung di penjelasan sebelumnya, ada banyak manfaat dari penggunaan aplikasi interaktif di bidang Pendidikan. Apalagi saat melakukan pembelajaran online ketika masa pandemi kemarin. Inilah manfaat aplikasi interaktif dapat disimak sebagai berikut:

1. Mempermudah Proses Pembelajaran

Dengan adanya aplikasi interaktif ini mempermudah guru untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan menarik dan tidak monoton. Selain itu, membuat para guru juga mengasah kemampuan teknologi serta kreativitasnya untuk membuat siswa fokus dan tidak bosan ketika belajar.

Para siswa pun akan merasa semangat dan senang, jika Guru menyampaikan materi menggunakan media interaktif. Jika siswa senang dan semangat untuk belajar, maka akan cepat dalam memahami materi yang diberikan dan itu akan sangat membantu.

2. Pembelajaran Menjadi Menarik dan Interaktif

Aplikasi interaktif memiliki banyak sekali komponen, seperti adanya gambar, audio, video, animasi dan lain sebagainya. Jika semuanya digabungkan, maka akan menghasilkan suatu karya yang menarik dan interaktif saat digunakan.

Ketika seorang Guru menerapkan media pembelajaran yang interaktif maka akan meningkatkan rasa ingin tahu siswa. Itu merupakan hal yang baik dalam belajar karena akan cepat memahami dan juga mendapat banyak wawasan baru. Suasana belajar pun menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

3. Pembelajaran Dapat Dilakukan Dimana Saja

Menggunakan aplikasi interaktif bisa dilakukan dimana saja tanpa terikat oleh tempat. Hal itu, memudahkan siswa untuk belajar di rumah hanya melalui handphone atau laptop. Namun, orang tua juga harus mengawasi anaknya ketika belajar di rumah agar belajarnya lebih terarah.

Demikian contoh aplikasi interaktif berbasis animasi yang membuat kegiatan belajar menjadi semakin asyik. Perkembangan Guru dalam menyampaikan materi melalui media interaktif, juga harus dibarengi dengan meningkatkan kemampuan diri.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari menggunakan aplikasi ini, jadi tidak perlu merasa ragu untuk mencobanya. Jika mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi di atas, maka solusinya bisa melihat tutorial yang ada di Youtube atau bisa mengikuti pelatihan yang tersedia.

Jadi, silahkan untuk mencoba membuat materi pembelajaran yang menarik dengan aplikasi yang sudah direkomendasikan di atas. Siswa pasti akan merasa bersemangat dan senang selama proses pembelajaran. Kualitas serta efektifitas belajar pun juga akan meningkat.