kelebihan dan kekurangan tokopedia

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia Sebagai Platform Berjualan

Sebelum menggunakan Tokopedia sebagai platform berjualan online, tentu saja para penjual harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan Tokopedia terlebih dahulu. Karena, seperti halnya platform lain. Tokopedia juga memiliki hal yang dibanggakan dan hal yang kurang bagus.

Sebenarnya, itu adalah hal yang wajar dan sudah sewajarnya dipertimbangkan oleh para penjual. Memiliki banyak kekurangan, bukan berarti sebuah platform merupakan platform yang buruk. Begitu juga sebaliknya, karena itu para penjual harus memiliki pertimbangan sendiri.

Para penjual akan memiliki pasar yang besar jika berjualan online di Tokopedia. Dengan layanan yang saling mendukung ini, menciptakan aktivitas ekonomi yang lebih mudah dijangkau dan lebih maju bagi masyarakat.

Tokopedia Sebagai Platform Berjualan

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan Tokopedia, ada baiknya para penjual mengetahui lebih dahulu lebih jelas. Sebenarnya  platform seperti apakah Tokopedia itu dan bagaimana platform ini bisa sangat bermanfaat.

Tokopedia bisa dibilang sebuah platform belanja secara online yang sangat populer dan termasuk besar di Indonesia. Dengan akses online yang disediakan oleh Tokopedia, memungkinkan setiap orang untuk melakukan transaksi tanpa harus bertemu.

Perlu diketahui, Tokopedia merupakan platform karya asli Indonesia yang dikembangkan oleh anak bangsa. Didirikan sejak tahun 2009, Tokopedia telah berkembang menjadi Unicorn yang paling berpengaruh di Indonesia.

Dengan layanan ini, setiap pemilik bisnis di Indonesia memiliki kesempatan untuk membuka toko online. Tentu saja, dengan cara yang mudah dan bahkan gratis alias bebas biaya. Dengan membuka toko online dan memaksimalkannya, berarti setiap penjual bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Untuk mendukung kemudahan ini, Tokopedia juga menyediakan layanan bagi para konsumen. Menciptakan ekosistem berbelanja online yang nyaman bagi para konsumen yang ingin berbelanja online.

Kelebihan dari Platform Tokopedia

Pembahasan mengenai kelebihan dan kelemahan Tokopedia akan diawali dengan kelebihannya terlebih dahulu.  Sebagai platform jual beli online, Tokopedia menawarkan berbagai fitur dan promo yang menarik para penggunanya.

Fitur-fitur ini bisa mendukung para penjual yang membuka toko secara online di Tokopedia. Bahkan, memberikan keuntungan pada para penjual yang menggunakan platform ini. Berikut adalah kelebihan dari platform Tokopedia dari berbagai aspek:

1. Desain dan Antarmuka

Tokopedia, dikenal dengan desain aplikasinya yang elegan dan juga inovatif. Dengan mengambil warna yang ikonik, yaitu warna hijau. Tokopedia mendesain tampilan antar muka aplikasi yang bisa diakses dengan mudah oleh para penggunanya. Baik untuk penjual maupun untuk pembeli.

Barang-barang yang diupload dan dijual oleh para penjual di Tokopedia akan memiliki spacenya sendiri. Ada halaman sendiri untuk berbagai fitur aplikasi, tidak ada tampilan ikon yang berdempetan atau tagline yang berlebihan.

2. Kemudahan Akses dan Pencarian

Melalui desain antarmuka yang elegan ini, para penjual maupun pembeli akan memiliki kemudahan akses pada aplikasi. Termasuk, dalam melakukan pencarian pada Tokopedia.

Opsi pencarian pada Tokopedia bukan hanya sekedar untuk mencari barang saja. Para penjual dan pembeli bisa memanfaatkan fitur pencarian untuk mencari promo terbaru, kode diskon, bahkan sampai fitur dari Tokopedia.

3. Toko yang Mudah Dioperasikan

Setiap penjual yang membuka toko online di Tokopedia akan memiliki laman dan menu sendiri. Tentu saja, dibedakan dengan laman dan menu pengguna sebagai pembeli.

Fitur yang ada di laman ini sangat lengkap dan mudah dioperasikan. Mulai dari fitur upload barang, menambah stok, bahkan sampai mencatat penjualan dan penghasilan.

4. Banyak Promo yang Mendukung Penjualan

Tokopedia memiliki banyak sekali program promo yang menguntungkan bagi para pembeli dan penjual. Misalnya saja, program flash sale kebut, program gratis ongkir, dan berbagai voucher diskon lainnya. Hal ini bisa dimanfaatkan penjual untuk menarik lebih banyak penjual.

5. Layanan yang Gratis

Untuk membuka toko online di Tokopedia, para penjual tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Jadi, siapapun bisa membuka toko online di platform ini. Memang ada beberapa fitur berjualan, di mana yang mengharuskan para penjual membayar biaya layanan.

Namun, layanan gratis dari Tokopedia saja sudah cukup mendukung untuk melakukan jualan online. Jadi, untuk tahap awal para penjual tidak perlu mengeluarkan biaya untuk servis tambahan.

Jika dilihat dari berbagai kelebihan yang disebutkan, bisa dibilang Tokopedia sangat unggul di aspek tampilan, promo, dan kemudahan aksesnya. Namun, walaupun kelebihan dari Tokopedia terlihat menggiurkan. Para penjual tidak boleh melewatkan kelemahannya.

Kekurangan Platform Tokopedia

Pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Tokopedia selanjutnya adalah mengenai kekurangannya. Walaupun unggul di berbagai aspek. Namun, perlu diakui bahwa Tokopedia, sebagai sebuah aplikasi tidak terlepas dari kekurangan.

Sebenarnya memiliki kekurangan bukanlah hal yang buruk, kekurangan bisa menjadi ruang yang baik bagi aplikasi untuk berkembang dan semakin baik dalam memberikan layanan. Namun, bagi para penjual kekurangan ini perlu menjadi hal yang dipertimbangkan sebelum memulai bisnis online di platform, diantaranya:

1. Crash dan Gangguan Pada Website dan Aplikasi

Perlu diakui, Tokopedia bukanlah aplikasi yang sempurna. Ada kalanya aplikasi atau website Tokopedia mengalami gangguan, crash, atau maintenance. Jika sedang mengalami kerusakan seperti ini, Tokopedia biasanya membutuhkan waktu lama untuk memulihkannya.

Tentu saja, ini akan mengganggu bisnis para penjual yang sedang berjalan. Namun, pada dasarnya tidak ada aplikasi atau website yang bebas dari resiko ini. Penanganan Tokopedia terhadap gangguan website dan aplikasi pun semakin baik dan berkembang.

2. Sistem Dropship yang Kadang Kurang Jelas

Tokopedia memiliki sistem yang mendukung para penjual yang ingin berbisnis dengan skema dropshipper. Namun hal ini malah jadi boomerang bagi para penjual online, karena sistem dropship dinilai kurang jelas.

Para penjual mungkin akan mendapatkan kesulitan untuk menentukan alamat asal pengiriman dan tujuan. Selain itu, para penjual juga perlu menyesuaikan biaya kirim lagi, hal ini akan semakin sulit jika ada voucher bebas ongkir yang dilibatkan.

3. Pertarungan Harga yang Kurang Sehat

Untuk menarik pembeli sebanyak-banyaknya, banyak para penjual di platform Tokopedia yang akhirnya memasang harga yang sangat murah. Apalagi, jika ada program seperti flash sale atau diskon kebut di Tokopedia.

Banyak toko yang akhirnya berlomba-lomba menurunkan harga dan menarik banyak pembeli di kesempatan itu. Namun, hal tersebut malah membuat persaingan harga di aplikasi tidak sehat. Beberapa penjual mungkin akan kesulitan mengikuti trend harga ini.

Jika dilihat dari beberapa kekurangan yang disebutkan, kelemahan dari Tokopedia terletak pada sistem dari aplikasi dan kondisi harga yang diciptakan oleh penjual di aplikasi. Namun, selama aplikasi terus berjalan bisa dipastikan akan ada perkembangan dari pihak Tokopedia ke depannya.

Itulah kelebihan dan kekurangan Tokopedia sebagai platform jual beli online. Sebelum membuka toko online di platform ini, sangat perlu bagi para penjual untuk mempertimbangkan poin-poin di atas. Baru memutuskan apakah Tokopedia merupakan platform yang tepat atau tidak.