Alasan Memilih Jurusan TKJ

Edi Purwanto – Di tengah lajunya perkembangan teknologi informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi kian diminati para calon mahasiswa ketika mendaftar di perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Salah satunya adalah jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

Apa sebenarnya ilmu yang mengajarkan tentang teknik komputer dan jaringan atau disebut TKJ ini?

Tentang TKJ

TKJ merupakan program studi yang sejauh ini paling diminati para calon mahasiswa. Bahkan tak jarang menempati posisi teratas hingga mengalahkan jurusan kedokteran yang sebelumnya memiliki banyak jumlah peminat saat musim penerimaan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di tanah air.

Menurut Wikipedia, TKJ adalah ilmu berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang berkaitan dengan kemampuan algoritma, pemrograman komputer, perakitan komputer dan jaringannya, pengoperasian perangkat lunak, serta internet.

Selain itu, TKJ tak hanya membutuhkan pembelajaran dan pemahaman tentang komputer, tapi termasuk di bidang listrik, sehingga membuat orang yang mempelajarinya punya kemampuan mengintegrasikan hingga mengembangkan perangkat lunak serta keras.

Namun secara garis besar, TKJ mempelajari metode dalam mengintegrasikan ilmu komputer dan teknik di bidang elektro untuk dapat dikembangkan menjadi sistem hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan jaringan komputer atau network.

Fokus pada jurusan ini adalah desain serta konstruksi untuk komputer, termasuk sistem yang berbasis pada komputer pula. Sedangkan topik utamanya adalah perangkat keras dan lunak, sistem komunikasi hingga termasuk interaksi.

 

Sejarah Singkat TKJ

Mengenai sejarah dan perkembangan TKJ sudah dimulai sejak tahun 1969, yakni program riset ARPANET yang diawali Departemen Pertahanan, Badan Proyek Penelitian Lanjutan Pertahanan Amerika (DARPA), Amerika Serikat.

Sedangkan, Eunet sebuah jaringan komputer yang bersaing serta sudah dilengkapi dengan layanan surat eletronik atau email dan newsgroup dibuat di Eropa, mulai ditawarkan di Inggris, Denmark, Belanda, dan Swedia.

 

Alasan Memilih Jurusan TKJ

Tak dapat dipungkiri, hampir semua aktivitas manusia saat ini dipengaruhi oleh teknologi. Mulai dari bisnis, pendidikan hingga hiburan tidak lepas dari teknologi. Tingginya kebutuhan akan teknologi informasi serta komunikasi inilah yang membuat jurusan TKJ kian populer di kalangan pelajar.

Selain itu, kebutuhan industri terhadap tenaga di bidang teknologi dan informasi yang semakin meningkat serta peluang kerja dengan gaji menggiur juga menjadi alasan banyak calon mahasiswa memilih jurusan TKJ.

Tak hanya itu, ada beberapa alasan lainnya yang membuat jurusan TKJ menjadi pilihan setiap tahunnya ketika penerimaan mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Berikut ini adalah sejumlah alasan memilih jurusan TKJ:

 

  • Pelajari Teknik Komputer

Seperti dibahas sebelumnya, jurusa TKJ sangat fokus pada teknik komputer. bagi mereka yang memiliki minat di bidang komputer, maka pelajaran tentang konfigurasi jaringan serta perangkatnya tentunya sangat menarik untuk dipelajari.

 

  • Paham Teknologi

Memasuki era digital, setiap aktivitas banyak dipengaruhi oleh teknologi. Sehingga, manusia seakan dituntut untuk dapat memahami teknologi tersebut. Hal ini pula yang mendasari banyak calon mahasiswa memilih jurusan TKJ.

 

  • Ahli Programming

Dalam jurusan TKJ, pelajaran programming menjadi salah satu materi menarik untuk dipelajari. Mahasiswa yang memilih jurusan TKJ akan mahir dalam bidang software, hingga menciptakan program-program berguna di komputer.

 

  • Sesuai Minat dan Bakat

Pemilihan jurusan berdasarkan minat dan bakat adalah alasan yang tepat untuk memulai belajar di bangku perkuliahan. Seiring perkembangan teknologi yang terus berinovasi, peminat akan alat-alat canggih di bidang informasi dan komunikasi ini pun semakin bertambah. Ini juga alasan yang menjadikan TKJ sebagai program studi dengan peminat membludak setiap tahunnya di setiap perguruan tinggi.

 

  • Peluang Kerja Menjanjikan

Peluang kerja yang menjanjikan juga menjadi alasan utama jurusan TKJ menjadi pilihan banyak mahasiswa. Hal ini mengingat, semakin tingginya kebutuhan perusahaan di berbagai bidang, hingga pemerintahan akan tenaga yang ahli teknologi informasi dan komunikasi ini.

 

  • Kesempatan Berwirausaha

Tak hanya kesempatan kerja yang terbuka lebar di berbagai perusahaan, industri hingga instansi pemerintahan. Kesempatan untuk membuka usaha sendiri atau berwirausaha, hingga secara tidak langsung turut memberikan lapangan pekerjaan bagi yang lainnya juga merupakan alasan memilih jurusan TKJ tersebut.